Pembelajar Mandiri

Di zaman yang berubah sangat cepat, bekal survival terpenting bagi anak-anak adalah kapasitas berdaptasi dengan perubahan. Itu berarti, anak-anak perlu memiliki bekal sebagai pembelajar mandiri (self-regulated learner).

Bagi keluarga praktisi homeschooling, pembelajar mandiri adalah tujuan penting dalam proses homeschooling. Sebab, orangtua tidak memiliki kapasitas untuk mengajari anak-anak semua materi belajar.

Oleh karena itu, orangtua perlu belajar agar bisa mendampingi dan menyiapkan anak-anak menjadi pembelajar mandiri!

Mau? 

Tema Pembahasan

Konsep dasar pembelajar mandiri

(self-directed learner)

Membangun
Budaya Belajar

(learning culture)

Membangun Keterampilan Belajar

(learning skills)

Keterampilan
Manajemen Diri

(self-management skills)

MENGAPA KITA PERLU MENJADIKAN ANAK PEMBELAJAR MANDIRI?
"Buta huruf di abad 21 bukanlah orang-orang yang tak bisa membaca dan menulis, tetapi orang yang tak memiliki kapasitas belajar (learn), menanggalkan materi belajar yang usang (unlearn), dan belajar ulang (relearn)." ~ Alvin Toffler
65% Anak Usia SD saat ini akan menjalani pekerjaan yang saat ini belum ada
Departemen Tenaga Kerja Amerika

Mari kita Pahami dan cari solusi atas Problem yang sering dihadapi orangtua:

“Anak saya tidak punya inisiatif.”

“Anak saya cuma mau main game saja.”

“Anak saya tidak tahu mau ngapain.”

“Anak saya sudah saya suruh mandiri, mengapa tidak mau?”

“Anak saya sudah saya belikan aplikasi belajar, tapi tidak mau memakai.”

“Anak saya pembosan dan tidak suka belajar.”

“Saya sudah memberikan kebebasan, tapi anak malah bingung.”

Apakah Anda

ORANGTUA
ANAK HOMESCHOOLING

yang ingin menyiapkan anak menjadi pembelajar mandiri

ORANGTUA
ANAK SEKOLAH

yang ingin meluaskan wawasan agar bisa menguatkan kapasitas anak untuk beradaptasi dengan pengetahuan baru

ORANGTUA

yang ingin meningkatkan kapasitas parenting dan pendampingan anak

Menyiapkan anak menjadi pembelajar mandiri ibarat mengajari anak mencari makanan sendiri, bukan sekedar menyuapi anak makanan.

- Aar Sumardiono

Cara Belajar Kelas Online

Live Webinar

Seminar online yang bisa diikuti dari mana saja. Webinar bisa diikuti melalui browser di komputer ataupun telpon genggam yang terhubung Internet, lengkap dengan rekaman dan Slide dalam bentuk PDF

eBook

  • Kerangka Dasar Pembelajar Mandiri
  • Membangun Budaya Belajar
  • Membangun Keterampilan Belajar
  • Membangun Keterampilan Manajemen Diri

Video

  • Kerangka Dasar Pembelajar Mandiri
  • Membangun Budaya Belajar
  • Membangun Keterampilan Belajar
  • Membangun Keterampian Manajemen Diri

33 Podcast

  • Konsep pembelajar mandiri, budaya belajar, keterampilan belajar dan manajemen diri 
  • Proses dan tips terkait membangun Pembelajar Mandiri
  • Tantangan yang dihadapi dalam pengembangan.

Lembar Kerja

Lembar kerja membangun budaya baik dan manajemen diri anak.

Forum

Forum tanya jawab khusus peserta kelas online. Grup bisa digunakan untuk tanya-jawab, sharing dan diskusi. Semua pertanyaan pasti dijawab dalam forum.

Kupon Diskon

Kupon diskon untuk mendaftar kelas lain dan potensi mendapatkan penghasilan melalui afiliasi. 

Bonus

Studi Kasus
Buku Pembelajar Mandiri

Pemateri

Aar & Lala Sumardiono

Kelas online dipersembahkan oleh Aar (Sumardiono) & Lala (Mira Julia), praktisi homeschooling, founder Rumah Inspirasi.

Aar & Lala adalah praktisi homeschooling tiga anak: Yudhistira (2001), Tata (2004), dan Duta (2008). Ketiganya tidak pernah bersekolah sejak kecil. Yudhis saat ini kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Tata sedang mengembangkan bisnis Kreasita (kelas belajar gambar online) Duta sedang menekuni dunia catur.

Rumah Inspirasi adalah simpul pendidikan dan resource untuk belajar homeschooling, parenting, dan manajemen keluarga. Berdiri sejak 2007, secara periodik Rumah Inspirasi menyelenggarakan webinar tentang homeschooling & parenting bagi keluarga Indonesia.

MATERI SPESIAL KELAS ONLINE

Cerita nyata kisah Yudhistira GS yang tak pernah sekolah formal sejak kecil dan sekarang menjalani kuliah di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Cara Belajar

Proses belajar praktis. Bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Testimoni

Peserta Kelas Pembelajar Mandiri

“Saya jadi banyak belajar di kelas2 Rumah Inspirasi termasuk kelas Pembelajar Mandiri.

Bagaimana pentingnya menyiapkan anak-anak sejak dini yang bisa terbangun kemandiriannya dengan cara pelan-pelan membangun budaya belajar di dalam keluarga. Perlu dibangun selapis demi selapis, karena memang tidak bisa instan.

Dan juga pentingnya membangun kempuan survival di tengah perubahan yang sangat cepat. Dan sebagai orangtua perlu memberi contoh sebagai pembelajar sepanjang hayat.

Kelas yang sangat recommended bagi para orangtua yang ingin anaknya lebih survival di zamanya. Apalagi materi belajar tersedia sangat lengkap denga berbagai cara belajar seperti video, ebook, podcast dan aneka printables yang bikin gemes ☺️

Terima kasih Rumah Inspirasi”

“Ikut kelas Pembelajar mandiri, membuat saya (pribadi) kembali merenungkan apa sebenarnya definisi dari “belajar” apa itu “pembelajar” mengapa harus menjadi “pembelajar mandiri?”.

Golden mommennya pas di kalimat “longlife learning” atau pembelajar sepanjang hayat, yang dijadikan dasar spirit bagi kita para keluarga pembelajar.

Setiap bahasannya, selalu ada tips-tips yang bisa kita jalani bersama keluarga. Jadi sebelum mendidik anak kita menjadi pembelajar mandiri, sudahkah kita sendiri (sebagai ortu) menjadi “pembelajar mandiri?”

DAFTAR MATERI

BERIKUT INI DAFTAR MATERI YANG DIDAPATKAN DI DALAM KELAS ONLINE PEMBELAJAR MANDIRI

Menyiapkan Pembelajar Mandiri

Pembelajar mandiri (self directed learner) adalah salah satu alat survival bagi anak-anak zaman sekarang.

Berikut kerangka kerja (framework) untuk menyiapkan anak menjadi pembelajar mandiri.

Kerangka kerja (framework) menyiapkan anak-anak menjadi pembelajar mandiri dalam bentuk teks (ebook).

Mengapa anak-anak perlu disiapkan menjadi pembelajar mandiri? Karena dunia sedang mengalami disrupsi dan di awal revolusi industri ke-4

Podcast ini membahas tentang perubahan di dunia pendidikan yang sedang menyelaraskan diri dengan perubahan lingkungan tempat anak-anaka hidup.

Apa ciri-ciri seorang pembelajar mandiri (self directed learner)? Apa yang bisa dilakukan untuk menyiapkan anak menjadi pembelajar mandiri?

Menyiapkan anak menajdi pembelajar mandiri bukan hanya mencurahkan pengetahuan pada anak-anak.

Apa saja yang menjadi tantangan yang perlu dikenali dan diantisipasi saat mempersiapkan anak-anak menjadi pembelajar mandiri?

Seorang anak tidak bisa langsung melompat menjadi pembelajar mandiri.

Ada tahapan yang perlu dikenali. Setiap tahap menuntut peran yang berbeda dari orangtua/guru.

Tools apa saja yang bisa dipakai dan mudah digunakan orangtua untuk menyiapkan anak-anak menjadi pembelajar mandiri?

Berikut ini beberapa tips tentang menyiapkan anak-anak menjadi pembelajar mandiri berdasarkan pengalaman praktik yang kami jalani di keluarga.

Membangun Budaya Belajar

Salah satu komponen penting yang perlu dibangun untuk menyiapkan pembelajar mandiri adalah budaya belajar (learning culture).

Apa itu budaya belajar? Apa saja yang termasuk budaya belajar? Bagaimana cara membangun budaya belajar di keluarga?

Ebook ini berisi pembahasan tentang konsep budaya belajar (learning culture), hal-hal yang termasuk budaya belajar, serta proses yang bisa dilakukan orangtua untuk mengembangkan budaya belajar di keluarga.

Materi dalam bentuk ebook (PDF)

Apa itu budaya? Apa itu budaya belajar? Bagaimana konteks budaya belajar dalam pengembangan anak sebagai pembelajar mandiri?

Apa yang disebut budaya belajar (learning culture)? Apakah semua budaya yang terkait dengan belajar termasuk budaya yang perlu dikembangkan? Apa saja budaya yang selaras  dengan proses pengembangan pembelajar mandiri?

Bagaimana budaya terbentuk?Aspek apa saja yang perlu diperhatikan saat membangun budaya belajar untuk pembelajar mandiri?

Salah satu proses membangun budaya adalah melalui kegiatan yang berulang hingga menjadi kebiasaan baik.

Selengkapnya, Anda bisa simak dalam podcast dan slide yang kami sediakan.

Apa saja nilai-nilai yang selaras dengan pembelajar mandiri yang perlu dikembangkan sehingga menjadi budaya belajar?

Nilai-nilai yang perlu dibangun pertama adalah kemandirian atau independensi. Anak mengenali baik/buruk, benar/salah. Anak bisa mengambil keputusan dengan baik.

Bagaimana prosesnya?

Keingintahuan adalah sebuah kapasitas alamiah bayi dan anak kecil, tapi sering menjadi padam seiring pertumbuhan usia anak. Apa masalahnya? Bagaimana cara memelihara keingintahuan anak?

Seorang pembelajar mandiri digerakkan oleh motivasi internal, bukan dengan ancaman dan iming-iming. Bagaimana proses mengembangkan motivasi dari dalam diri anak?

Pembelajar mandiri tahu apa yang perlu dan ingin dipelajarinya. Bagaimana membimbing anak-anak agar memiliki orientasi pada tujuan, tidak hanya asal mengikuti kegiatan?

Agar bisa menjadi pembelajar mandiri, anak perlu mengasah otot kerja keras dan kapasitasnya bertekun. Bagaimana prosesnya?

Bukan hanya asal berkegiatan atau asal mengirimkan tugas, budaya penting yang perlu dibangun di keluarga adalah anak-anak selalu berusaha memberikan yang terbaik. Bagaimana caranya?

Membangun Keterampilan Belajar

Komponen penting lain yang perlu dibangun untuk menyiapkan pembelajar mandiri adalah keterampilan belajar (learning skills).

Apa itu keterampilan belajar? Apa saja yang termasuk keterampilan belajar? Bagaimana cara membangun keterampilan belajar di keluarga?

Ebook ini berisi pembahasan tentang konsep keterampilan belajar (learning skills), hal-hal yang termasuk keterampilan belajar, serta proses yang bisa dilakukan orangtua untuk mengasah keterampilan belajar ana-anak.

Materi dalam bentuk ebook (PDF)

Karena model pendidikan konvensional yang sangat menekankan pada penambahan pengetahuan dan wawasan (learn to know), kita kurang mendapatkan kesempatan belajar aspek lain seperti learn to be, learn to do, dan learn to live together.

Apa itu keterampilan? Apa bedanya belajar keterampilan dan belajar pengetahuan sebagaimana yang sering dijalani di dalam sistem persekolahan konvensional?

Apa itu keterampilan belajar (learning skills)? Apa saja yang termasuk dalam keterampilan belajar? Apa prinsip-pinsip dalam pengembangannya?

Pemicu untuk mendapatkan ilmu biasanya adalah keingintahuan yang melahirkan pertanyaan. Bagaimana proses mengasah anak agar terampil mengajukan pertanyaan?

Belajar membaca (literasi) adalah sentral dan kemampuan dasar seseorang untuk mendapat ilmu. Ada beberapa jenjang kapasitas membaca yang perlu dikuasai anak, tidak hanya berhenti pada kemampuan melafalkan teks saja.

Bagaimana caranya agar anak-anak tahu bahwa sumber belajar tak hanya ada di sekolah, tapi ada bermacam-macam dan anak bisa memilih sesuai kebutuhannya?

Jika ingin bisa menjadi pembelajar mandiri, seorang anak perlu terampil mengikuti petunjuk secara mandiri, tak hanya menunggu diajari atau disuapi guru.

Di model belajar lama, proses belajar selalu dimulai dengan teori yang dikejar hingga tuntas, baru setelah itu belajar melakukan praktik. Cara belajar anak-anak zaman sekarang berbeda dan perbedaan itu perlu dikenali agar anak bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dan peluang-peluang yang saat ini terbuka.

Membangun Keterampilan Manajemen Diri

Komponen penting lain yang perlu dibangun untuk menyiapkan pembelajar mandiri adalah keterampilan manajemen diri (self management skills).

Apa itu keterampilan manajemen diri? Apa saja yang termasuk keterampilan manajemen diri? Bagaimana cara membangun keterampilan manajemen diri di keluarga?

Ebook ini berisi pembahasan tentang konsep keterampilan manajemen diri (self management skills), hal-hal yang termasuk dalam keterampilan manajemen diri, serta proses yang bisa dilakukan orangtua untuk mengembangkan keterampilan manajemen diri di keluarga.

Materi dalam bentuk ebook (PDF)

Apa saja yang termasuk aspek keterampilan diri? Bagaimana prinsip pengembangannya?

Keterampilan manajemen diri dalam konteks belajar dimulai dengan kemampuan anak mengambil keputusan untuk dirinya sendiri. Bagaimana proses stimulasinya?

Karena emosi adalah bagian yang melekat dari kedirian seorang manusia, anak-anak perlu belajar mengelola emosi

Belajar adalah sebuah proyek kegiatan yang perlu dikelola. Seorang pembelajar mandiri perlu belajar menetapkan batasan proyek, menentukan tujuan, membuat rencana, mengeksekusi, dan melakukan refleksi.

Bagaimana prosesnya?

Keterampilan mengelola prioritas dan waktu adalah keterampilan penting pembelajar mandiri.

Bagaimana stimulasinya?

Dalam podcast ini, kami berbagi cerita tentang proses-proses yang kami jalani di keluarga untuk membangun kapasitas anak-anak menjadi pembelajar mandiri.

Berikut ini beberapa tips dari kami untuk orangtua yang sedang menemani anak-anak mengembangkan kapasitas pembelajar mandiri.

Tiga Cara belajar

Coaching

Akses seluruh tema kelas dengan harga spesial, webinar coaching & webinar pengayaan setiap bulan plus grup coaching via whatsapp

Kelas Lengkap

Akses seluruh tema kelas dengan harga spesial (diskon Rp. 1.750.000) plus webinar pengayaan tiap bulan

Kelas Satuan

Ada 9 tema kelas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda, plus webinar sesuai tema yang dipilih

Raising Children, Raising Ourselves

PILIHAN BELAJAR

Ada 3 jenis kesertaan yang bisa Anda pilih:

Kelas Satuan

Rp250.000 - 350.000

  • Materi Sesuai Pilihan
  • Webinar Sesuai Tema*
  • 1 Tema
  • Forum Tanya Jawab
  • Printable Member
  • Webinar Pengayaan
  • Webinar Journaling**
  • Webinar Coaching
  • Grup WhatsApp
  • Kuliah & Diskusi WA
Pilih Kelas

Kelas Lengkap

Rp2450000Rp700.000

  • Seluruh Kelas
  • Webinar Sesuai Tema*
  • 9 (sembilan) Tema
  • Forum Tanya Jawab
  • Printable Member
  • Webinar Pengayaan
  • Webinar Journaling
  • Webinar Coaching
  • Grup WhatsApp
  • Kuliah & Diskusi WA
Daftar

Kelas Coaching

Rp3450000Rp1.200.000

  • Seluruh Kelas
  • Webinar Sesuai Tema*
  • 9 (sembilan) Tema
  • Forum Tanya Jawab
  • Printable Member
  • Webinar Pengayaan
  • Webinar Journaling
  • Webinar Coaching
  • Grup WhatsApp
  • Kuliah & Diskusi WA
Daftar

*jika saat Anda mendaftar live webinar sudah berlangsung maka Anda akan bisa akses materi webinar dari rekamannya.

**kecuali jika kelas yang diikuti adalah kelas jurnaling

KELAS LAIN YANG BISA DIIKUTI

Memulai Homeschooling Usia Dini

Rp. 300.000

Memulai Homeschooling Usia Sekolah

Rp. 300.000

Homeschooling Anak Remaja

Rp. 250.000

Manajemen Keseharian Homeschooling

Rp. 250.000

Strategi Belajar Homeschooling

Rp. 250.000

10 Keterampilan Dasar Anak

Rp. 250.000

Pengembangan Potensi Anak

Rp. 250.000

JURNAL
HOMESCHOOLING

Rp. 350.000